Kompetensi Berbasis Teknologi Informasi Pengelola Gerai UMKM

Main Article Content

Asep Kurniawan
Elis Dwiana Ratnamurni
Mochamad Vrans Romi
Rahardianto Rahardianto
Andri Irawan
Yun Yun
Eka Ludiya
Abdul A. Hafidh N.

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan tentang keterbatasan penggunaan teknologi informasi pada usaha kecil termasuk keterbatasan di pengelola Gerai UMKM KBB yang dimaksudkan sebagai wadah atau forum pelaku UMKM se Kabupaten Bandung Barat. Dimana para wisatawan dapat mengetahui produk – produk apa saja yang dihasilkan oleh pelaku UMKM KBB dan bagaimana serta dimana cara mendapatkannya. Seharusnya pengelola Gerai UMKM setidaknya mempunyai jiwa kewirausahaan sehingga akan selalu berupaya meningkatkan kompetensinya khususnya strategic competencies dan conceptual competencies. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi melalui pendampingan peningkatan kompetensi strategik dan kompetensi konseptual pengelola Gerai UMKM Kabupaten Bandung Barat  yang bertujuan agar memberikan pengetahuan lebih bagi pengelola Gerai UMKM  dalam membina pelaku UMKM kedepannya dengan lebih baik. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan dampak yang positif kepada pengelola gerai. Hal ini bisa dilihat dari beberapa aspek yang mengalami peningkatan diantaranya pengetahuan yang dimiliki oleh pengelola gerai tentang bagaimana pengelolaan gerai yang efektif dan efisien.


Kata kunci—gerai UMKM; kompetensi; pendampingan

Article Details

How to Cite
Kurniawan, A., Ratnamurni, E., Romi, M., Rahardianto, R., Irawan, A., Yun, Y., Ludiya, E., & Hafidh N., A. (2020). Kompetensi Berbasis Teknologi Informasi Pengelola Gerai UMKM. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unjani Expo (Unex), 1(1), 67-73. Retrieved from http://journal.unjani.ac.id/index.php/unex/article/view/35
Section
Articles