Penerapan Metode ACSI dalam Tingkat Kepuasan Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus di Prodi Informatika Unjani)

Main Article Content

Ade Kania Ningsih
Wina Witanti

Abstract

Tujuan dasar penggunaan metode ACSI (American Customer Satisfaction Index) adalah ukuran kinerja untuk perusahaan, industri, sektor ekonomi. Menjelaskan teori yang mendasari model, metodologi survei yang digunakan untuk mengumpulkan data, dan pendekatan ekonometrik yang digunakan untuk memperkirakan indeks. Penggunaan ACSI dalam melakukan studi pembandingan, baik secara cross-sectional dari waktu ke waktu. Para peneliti menemukan kepuasan pelanggan lebih besar untuk barang daripada untuk layanan dan jasa, pada kenyataannya lebih besar untuk layanan, serta menemukan alasan untuk memperhatikan dalam pengamatan untuk kepuasan pelanggan di suatu institusi atau Lembaga, terutama karena terjadi pengurangan kepuasan dalam layanan. Prosedur memperkirakan model untuk kepuasan dalam proses belajar mengajar (1) Kustomisasi lebih penting daripada keandalan dalam menentukan kepuasan pelanggan, (2) harapan mahasiswa memainkan peran yang lebih besar   di mana varians dalam harapan   dan kenyataan relatif rendah, dan (3) kepuasan mahasiswa lebih didorong oleh kedisiplinan dari para pengajar dan ketepatan nilai ujian keluar.   Penulis menyimpulkan dengan penggunaan metode implikasi ACSI bagi pembuat kebijakan publik, manajer, konsumen, dan pemasaran secara umum dalam kondisi sedang berubah (Anderson, Fornell, dan Rustomy).


 


Kata kunci—Metode ACSI; LISREL

Article Details

How to Cite
Ningsih, A., & Witanti, W. (2020). Penerapan Metode ACSI dalam Tingkat Kepuasan Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus di Prodi Informatika Unjani). Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unjani Expo (Unex), 1(1), 102-105. Retrieved from http://journal.unjani.ac.id/index.php/unex/article/view/42
Section
Articles