PENERAPAN SOFTSKILL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ANALISIS DAN PENGGUNAAN LAPORAN KEUANGAN ( Studi Kasus di Prodi Akuntansi S1 FE Universitas X)

  • Usman Sastradipraja
Abstract views: 47
PDF downloads: 21
Keywords: Softskill, Problem solving skill, Communication skill

Abstract

Kurikulum akuntansi saat ini harus didasarkan pada kompetensi agar lulusan memiliki kompetensi yang maksimal untuk menghadapi persaingan dalam memperoleh pekerjaan dan menyesuaikan dengan perubahan yang cepat dewasa ini. Lulusan perguruan tinggi diharapkan memiliki kualifikasi kemampuan : learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together. Kemampuan Softskill selalu diminta pengguna pada setiap pengumuman kesempatan kerja di media massa .Softskill melekat pada hardskill. Oleh karena itu, kemampuan hardskill selalu diikuti persyaratan kemampuan softskill. Kemampuan mahasiswa memecahkan dan menyelesaikan kasus (problem solving skill) dan kemampuan mahasiswa dalam mengemukakan pendapat (communication skill) adalah softskill yang sangat penting untuk mata kuliah Analisis dan Penggunaan Laporan Keuangan (Analisa Laporan Keungan) karena materi kuliah membutuhkan kemampuan menyampaikan analisis dan rekomendasinya. Peneliti melakukan penelitian dengan cara memberikan kuesioner pada 2 kelas yaitu kelas E dan F mahasiswa S1 Akuntansi pada Fakultas Ekonomi sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Bandung.Kuesioner pertama disampaikan pada kuliah pertama sebelum menerapkan softskill Problem Solving dan Communication Skill. Kuesioner yang sama diberikan pada saat kuliah terakhir atau pertemuan ke-14 setelah penerapan softskill Problem Solving dan Communication Skill. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tidak signifikan kemampuan softskill Problem Solving dan Communication Skill mahasiswa sebelum dan sesudah penerapannya dalam proses belajar mengajar. Kata kunci : softskill, problem solving skill, communication skill. 

Published
2021-04-02
Section
Articles