Strategi Pengembangan Industri Kreatif Bandung Oleh Pemerintah Kota Bandung Dalam Mengantisipasi Implementasi Asean Free Trade Area dan Asean Economic Community

Main Article Content

Mariane Olivia Delanova

Abstract

ASEAN Free Trade Area (AFTA) telah disepakati untuk diimplementasikan sejak tahun 2015. Hal ini menandai ASEAN telah mulai memasuki apa yang dinamakan era perdagangan bebas, yaitu upaya pengurangan hingga penghapusan hambatan tariff dan hambatan non tariff dalam perdagangan di antara negara-negara ASEAN. Begitu juga dengan ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN yang berasal dari ASEAN Vision 2020 telah diimplementasikan sejak 2015, dimajukan dari yang awal rencana implementasinya adalah pada tahun 2020. Implementasi AFTA dan AEC diharapkan akan membawa kemajuan dalam sektor perekonomian bagi kawasan Asia Tenggara dan negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia. Penelitian ini akan fokus menganalisa strategi pengembangan industri kreatif Kota Bandung yang dilakukan oleh Pemerintah, utamanya Pemerintah Kota Bandung, khususnya dalam menghadapi implementasi AFTA dan AEC. Termasuk juga tantangan yang dihadapi oleh industri kreatif Kota Bandung dalam era implementasi AFTA dan AEC ini. Industri kreatif Kota Bandung seharusnya dapat meraih keuntungan yang optimal dalam era implementasi AFTA dan EAC, sehingga diharapkan implementasi AFTA dan AEC akan meningkatkan pendapatan Indonesia khususnya Kota Bandung dari industri kreatif.


 


Kata kunci—ASEAN Free Trade Area; ASEAN Economic Community; industri kreatif Kota Bandung.

Article Details

How to Cite
Delanova, M. (2020). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Bandung Oleh Pemerintah Kota Bandung Dalam Mengantisipasi Implementasi Asean Free Trade Area dan Asean Economic Community. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unjani Expo (Unex), 1(1), 63-66. Retrieved from https://journal.unjani.ac.id/index.php/unex/article/view/34
Section
Articles