Kompetensi Berbasis Teknologi Informasi Pengelola Gerai UMKM
Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan tentang keterbatasan penggunaan teknologi informasi pada usaha kecil termasuk keterbatasan di pengelola Gerai UMKM KBB yang dimaksudkan sebagai wadah atau forum pelaku UMKM se Kabupaten Bandung Barat. Dimana para wisatawan dapat mengetahui produk – produk apa saja yang dihasilkan oleh pelaku UMKM KBB dan bagaimana serta dimana cara mendapatkannya. Seharusnya pengelola Gerai UMKM setidaknya mempunyai jiwa kewirausahaan sehingga akan selalu berupaya meningkatkan kompetensinya khususnya strategic competencies dan conceptual competencies. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi melalui pendampingan peningkatan kompetensi strategik dan kompetensi konseptual pengelola Gerai UMKM Kabupaten Bandung Barat yang bertujuan agar memberikan pengetahuan lebih bagi pengelola Gerai UMKM dalam membina pelaku UMKM kedepannya dengan lebih baik. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan dampak yang positif kepada pengelola gerai. Hal ini bisa dilihat dari beberapa aspek yang mengalami peningkatan diantaranya pengetahuan yang dimiliki oleh pengelola gerai tentang bagaimana pengelolaan gerai yang efektif dan efisien.
Kata kunci—gerai UMKM; kompetensi; pendampingan