Webinar Strategi Penyelesaian Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Pada Platform Merdeka Mengajar
PDF downloads: 1237
Abstract
Platform Merdeka Mengajar merupakan platform digital yang berisi berbagai konten yang berkaitan dengan implementasi kurikulum merdeka. Salah satu fitur yang terdapat pada platform tersebut adalah Pelatihan Mandiri yang merupakan salah satu fasilitas bagi guru dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan yang setara dengan pelatihan 30-38 jam pelajaran. Akan tetapi masih banyak guru yang belum menyelesaikan pelatihan tersebut karena kurangnya informasi tentang manfaat dan strategi penyelesaiannya. Webinar ini bertujuan untuk memberikan informasi menyeluruh kepada guru-guru tentang pelatihan mandiri pada Platform Merdeka Mengajar khususnya pada topik Kurikulum Merdeka. Webinar dilakukan selama 90 menit melalui fitur Komunitas PPSKI Provinsi Banten pada Platform Merdeka Mengajar dengan narasumber dua orang pengurus PPSKI Banten yang telah lulus seleksi, serta diikuti oleh puluhan guru dari berbagai daerah. Pada sesi pemaparan materi, narasumber menyampaikan tentang fitur-fitur Platform Merdeka Mengajar, serta langkah-langkah pelatihan mandiri dengan topik Kurikulum Merdeka sampai penyelesaian aksi nyata. Pada sesi diskusi, masalah yang dibahas berkaitan dengan penyelesaian pelatihan mandiri serta implementasi Kurikulum Merdeka. Berdasarkan hasil refleksi dan evaluasi diketahui bahwa webinar ini sangat penting bagi guru-guru untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang manfaat serta strategi penyelesaian pelatihan mandiri pada Platform Merdeka Mengajar. Hal ini dikarenakan pelatihan tersebut diakui sebagai pengembangan keprofesian berkelanjutan yang diakui angka kreditnya, serta platformnya sendiri wajib diakses oleh guru-guru yang satuan pendidikannya menerapkan kurikulum merdeka.
References
Azis, M. Y., Hardian, A., Sagita, F., Setyorini, D.A. & Setiyanto, H. 2021. Sosialisasi Identifikasi Air Tercemar dan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer pada Warga Karang Taruna Harapan Jaya Desa Kersamaju RT01 RW02 Kabupaten Tasikmalaya dalam Meningkatkan Edukasi Kepedulian Lingkungan dan Protokol Kesehatan. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 2(2), pp. 133-145.
Daulay, M. Y. & Amini, N. R. 2022. Evaluasi Model Pengajian-Pengajian Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), pp. 825-840.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2022. Surat Edaran Nomor 1919/B1.B5/GT.01.03/202, Jakarta: s.n.
Indrizal, E. 2014. DISKUSI KELOMPOK TERARAH. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 16(1), pp. 75-82.
Lestari, D. I. & Adi, P. P. 2021. Webinar Strategi Pembelajaran Daring dengan Memanfaatkan Teknologi bagi Guru Ekonomi Akuntansi di Seluruh Indonesia. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 2(1), pp. 1-12.
Rohimat, S. 2021. Pemanfaatan Slide Master Power Point untuk Pembelajaran Kimia pada Materi Penerapan Laju Reaksi. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(1), pp. 9-16.
Rohimat, S. 2022. Pemanfaatan Macromedia Flash untuk Pembelajaran Kimia Secara Daring. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 2(2), pp. 160-171.
Sriyadi, S., Mubarok, D., Maharani, R. I. & Peniati, E. 2022. Rancang Bangun Sistem Layanan Bebas Laboratorium Menggunakan Pengaya (Add-Ons) Autocrat. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 4(2), pp. 75-81.
Triyana, I. G. N. 2021. Pembelajaran Mandiri Perspektif Sosiologi Antropologi Pendidikan. PURWADITA: JURNAL AGAMA DAN BUDAYA, 5(1), pp. 25-30.
Yustiani, G., Abdulhak, I. & Pramudia, J. R. 2015. PERAN TUTOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MANDIRI. JURNAL PENDIDIKAN NON FORMAL DAN INFORMAL, 7(2), pp. 1-17.
Copyright (c) 2022 Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.