Author Guidelines

A. Petunjuk Umum

  1. Naskah yang dikirimkan adalah naskah asli penulis, belum pernah dipublikasikan di jurnal lain, bebas dari plagiarisme, dan memiliki similarity score kurang dari 25 %.
  2. Format naskah berbentuk satu kolom dengan ukuran kertas A4 dan batas atas, bawah, kiri, dan kanan berjarak 2,54 cm.
  3. Naskah ditulis menggunakan Bahasa Indonesia baku atau Bahasa Inggris dengan menggunakan fonts Times New Roman berukuran 12 pt.
  4. Naskah yang dikirimkan harus disetujui oleh semua penulis dan institusi yang relevan atau pihak sponsor.
  5. Naskah yang dikirimkan harus mengikuti template yang disediakan.
  6. Naskah yang dikirimkan berjumlah 6 sampai 15 halaman, termasuk Daftar Referensi, kecuali lampiran.  

B. Sistematika Penulisan

Judul

  1. Judul harus tegas, informatif, spesifik, dan efektif menggunakan 10-20 kata.
  2. Nama penulis (tanpa mencantumkan gelar akademik) diikuti dengan afiliasinya yang memuat nama institusinya. Jika penulis lebih dari satu dan berasal dari afiliasi atau institusi yang berbeda maka seluruh afiliasi atau institusi penulis dicantumkan.
  3. Alamat email yang dicantumkan hanya alamat email penulis korespondensi.

Abstrak / Abstract

  1. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  2. Abstrak mengandung 150-200 kata yang memuat tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara singkat, metode pengabdian, dan hasil kegiatan yang dilaksanakan dengan spasi 1, huruf miring (italics), fonts Times New Roman dan tidak boleh memunculkan referensi.
  3. Kata kunci (keywords) dicantumkan setelah abstrak dengan jumlah 3-6 kata.

Pendahuluan

  1. Bagian pendahuluan berisi tentang uraian latar belakang, isu dan fokus pengabdian, alasan memilih kegiatan pengabdian seperti sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan sebagainya, serta kondisi saat ini dan kondisi yang diharapkan setelah kegiatan.
  2. Uraian didukung dengan berbagai data dari hasil penelitian atau kegiatan pengabdian terdahulu yang merujuk kepada sumber referensi yang valid.
  3. Sumber referensi yang relevan berasal dari sumber primer lima tahun terakhir disitasi dengan memakai sistem nama dan tahun.

Metode

  1. Metode berisi tentang strategi yang dilakukan untuk mencapai kondisi yang diharapkan, misalnya: PAR (Participatory Action Research); ABCD (Asset Based Community Development); CBR (Community-Based Research); service learning; community development, atau metode pengabdian yang lainnya.
  2. Dalam bagian ini juga diuraikan pihak yang terlibat dan bentuk keterlibatan (partnership), tempat dan waktu kegiatan (lama proses kegiatan pengabdian).
  3. Teknik pengumpulan data termasuk teknik seleksi sampel dan tools untuk mengolah data (jika digunakan) harus diuraikan.

Hasil dan Diskusi

  1. Hasil pengabdian menjelaskan tentang dinamika proses pendampingan meliputi: ragam kegiatan yang dilaksanakan, bentuk-bentuk aksi yang bersifat teknis atau aksi program untuk memecahkan masalah komunitas.
  2. Tampilkan foto kegiatan yang mendukung pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan resolusi minimal 300 dpi dengan format JPEG.
  3. Foto hasil kegiatan diletakkan di tengah, diberi nomor gambar di bagian bawah gambar, dan dirujuk dalam tulisan.
  4. Tabel untuk menyajikan data responden, data hasil kegiatan pengabdian, dan lainnya, disajikan dalam satu halaman, diletakkan di tengah halaman serta diberi nomor tabel di bagian atas tabel dan keterangan tabel.
  5. Diskusi harus memuat interpretasi dari hasil kegiatan pengabdian yang dilakukan sesuai dengan latar belakang keilmuan dan tujuan pengabdiannya. 

Kesimpulan

  1. Kesimpulan diuraikan dalam bentuk kalimat utuh bukan point per point.
  2. Bagian ini berisi tentang refleksi hasil kegiatan pengabdian masyarakat dan rekomendasi untuk tindak lanjut kegiatan.

Ucapan Terima Kasih

  1. Ucapan terima kasih diberikan kepada pihak-pihak yang membantu pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di luar nama-nama yang dicantumkan sebagai penulis.
  2. Jika kegiatan pengabdian didanai dari institusi baik pemerintah atau pihak lain maka dituliskan skema pendanaan yang mendukung kegiatan ini.
  3. Jika tidak ada pihak sponsor yang mendanai kegiatan ini, maka ucapan terima kasih diakhiri dengan kalimat : Kegiatan pengabdian ini tidak menerima bantuan dana dari pihak pemerintah, komersial, ataupun sektor non-profit lainnya.

Daftar Referensi 

  1. Referensi ditulis dengan sistem nama dan tahun seperti Harvard Style, spasi 1 di dalam referensi, antar referensi terdapat baris kosong 1 spasi.
  2. Referensi disusun secara alfabetis.
  3. Daftar Referensi hanya memuat pustaka yang dirujuk dalam tulisan.
  4. Periksa data referensi yang digunakan di sumber-sumber utamanya. Penulis bertanggung jawab terhadap akurasi dan kelengkapan dari referensi yang dicantumkan.
  5. Jika menggunakan sumber di internet, maka cantumkan alamat akses dalam bentuk pranala dan waktu aksesnya.
  6. Jumlah referensi yang digunakan antara 10-40 dengan mayoritas dari sumber primer berupa artikel di jurnal dalam rentang 5 tahun terakhir.
  7. Penulis diwajibkan menggunakan reference manager seperti Zotero, Endnote, Refwoks, Reference Manager, atau Mendeley dalam menyusun bibliografi.