Pelatihan Instalasi Listrik Rumah Tangga Dan Elektronika Dasar Bagi Pemuda Di Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat

  • Zul Fakhri Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Sunubroto Sunubroto Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Handoko Rusiana Iskandar Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Ahmad Daelami Universitas Jenderal Achmad Yani
Abstract views: 213
PDF downloads: 82
Keywords: keterampilan, pelatihan elektronika dasar, pelatihan instalasi listrik, pemuda putus sekolah, wirausaha

Abstract

Desa Cilame adalah sebuah kawasan di Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Cilame merupakan desa terluas di Kecamatan Ngamprah dan dihuni penduduk sekitar 34.689 jiwa yang tergabung dalam 25 Rukun Warga (RW). Jumlah masyarakat yang tergolong pemuda usia produktif 15 tahun s/d 30 tahun sebanyak 6.533 jiwa. Dari jumlah tersebut, jumlah pemuda yang putus sekolah sebanyak 1.287 orang. Makalah ini menguraikan tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan instalasi listrik rumah tangga dan elektronika dasar untuk pemuda putus sekolah di desa Cilame. Pemberian pelatihan tersebut ditujukan agar pemuda putus sekolah dapat menggunakan hasil pengetahuan dan keterampilan untuk keperluan sendiri atau untuk membuka usaha dengan berwiraswasta. Program pelatihan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu pre-test, pembuatan modul pelatihan, diskusi interaktif, workshop, dan post test. Kegiatan pelatihan ini bertempat di Gedung Aula Desa Cilame Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat dan diikuti oleh 12 peserta. Program pelatihan berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun. Meskipun belum semua peserta menguasai dengan baik materi yang disampaikan, tetapi peserta antusias dalam mengikuti  pelatihan yang diberikan dan terlibat aktif dalam sesi diskusi maupun praktik.  

References

Badan Pusat Statistik. 2018. Kecamatan Ngamprah Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Bandung Barat, Bandung Barat.
Hadiyati, E. 2011. Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1), 8-16.
Hidayat, N., Arif, A., Setiawan, M.Y., Afnison, W. 2018. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pemuda Putus Sekolah Melalui Pelatihan Perawatan Berkala Sepeda Motor. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(2), 83-89.
Nasrullah, A. dan Fatimah. 2017. Pembinaan Life Skill Anak Muda Putus Sekolah. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 1(1), 23-30.
Resyaningrum, D. 2019. Bimbingan Karir Remaja Putus Sekolah Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bunga Kantil Jebres Surakarta. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Surakarta.
Suranti, D., Maryaningsih, Mardianti, D. 2018. Pemberdayaan Pemuda Rentan Melalui Pelatihan Multimedia Di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Jurnal Abdimas Dewantara, 1(2), 19-30.
Published
2020-03-01
How to Cite
Fakhri, Z., Sunubroto, S., Iskandar, H., & Daelami, A. (2020). Pelatihan Instalasi Listrik Rumah Tangga Dan Elektronika Dasar Bagi Pemuda Di Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(1), 11-19. https://doi.org/10.26874/jakw.v1i1.10