Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang
PDF downloads: 4354
Abstract
Tingginya pengangguran dan terbatasnya lowongan pekerjaan di Indonesia memaksa kita semua untuk berwirausaha, namun keterbatasan akan pengetahuan, keterampilan dan motivasi menjadi kendala utama. Generasi milenial sebagai generasi muda masa depan bangsa Indonesia perlu dilatih dan ditingkatkan kompetensinya sehingga teknologi yang menjadi konsumsi mereka dapat bermanfaat dan menghasilkan penghasilan bagi dirinya atau orang lain. Tujuan dari pelatihan digital entrepreneurship ini adalah sebagai pendidikan kewirausahaan berdasarkan teknologi yang sudah melekat pada mereka, yang merupakan salah satu aspek penting dan strategis untuk meningkatkan daya saing dan mengurangi pengangguran yang berdampak pada stabilitas ekonomi Indonesia. Pelatihan kewirausahaan berusaha mewujudkan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarya dan bersahaja dan berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya. Kewirausahaan perlu ditanamkan dan dikembangkan sejak masih muda, sejak masih duduk di bangku sekolah. Munculnya permasalahan saat ini adalah banyaknya pengangguran dan sulitnya mendapatkan pekerjaan, maka hasil yang diharapkan dengan pengetahuan kewirausahaan yang didapat dari pelatihan digital entrepreneurship ini akan menjadi modal kelak untuk membuka usaha sendiri sejak masih muda. Hasilnya pun sudah tampak dari sikap antusias mereka mengikuti pelatihan ini bahkan beberapa peserta sudah bisa membuat website usaha, mendaftar di market place dan berani mempromosikan produknya di media sosial.
References
Arsyad, M., Himawan, & Adam, G. 2015. Kewirausahaan UMKM: Suatu Tantangan di Era Ekonomi Digital. Jurnal JP FEB Unsoed, 5(1).
Hardiyanto, L. 2018. Motivasi mahasiswa menjadi startup digital entrepreneur (Technopreneurship). Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STIKP Kusuma Negara, 10(1).
Makmun. 2010. Paradoks Pertumbuhan-Pengangguran dan Kemiskinan. Diakses tanggal 5 Januari 2019 dari Fiskal kemenkeu: http://www.fiskal.kemenkeu.go.id/dw-konten-view.asp?id=20100719094912501805292.
Mastura, J., Fadhilah, & Noer, F. 2018. Strategi Pemasaran Produk dan Jasa Mahasiswa PKK FKIP Unsyiah di Era Digital. Jurnal Ilmilah mahasiswa pendidikan kesejahteraan keluarga, 3(2), 73-38.
Misnawati & Yusriadi. 2018. Efektifitas pengelolaan kewirausahaan berbasis kognitif personal melalui penggunaan infrastruktur digital. JMM Online, 2(3), 138-145.
Pristiana, U. & Andjarwati, T. 2018. Menumbuhkan minat entrepreneur agar mandiri dan berkarya di era digital. Abdikarya, 1(1), 18-20.
Saputra, A. 2015. Peran Inkubator bisnis dalam mengembangkan digital startup lokal di Indonesia. Jurnal Calyptra, 4(1), 1-24.
Yuliani, N., Novita, D., & Pramestari, D. (2019, Juli). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Kawula Muda di Era Milenial melalui Pendekatan Inside Out. IKRAITH-ABDIMAS, 2(2), 12-22.
Copyright (c) 2020 Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.