Pengembangan Kualitas Manajemen UKM Dodol Dalam Upaya Peningkatan Kuliner Tradisional Khas Kabupaten Bekasi

  • Muhamad Syahwildan Universitas Pelita Bangsa
Abstract views: 128
PDF downloads: 217
Keywords: pengembangan kualitas, peningkatan kuliner, strategi pemasaran

Abstract

Makalah ini menguraikan tentang hasil kegiatan pengabdian masyarakat berupa bantuan manajemen bagi usaha kecil menengah (UKM) dodol di wilayah Kecamatan Cibitung.  Kegiatan ini dilaksanakan oleh Universitas Pelita Bangsa Cikarang dari tanggal 7 Juli 2019 sampai 14 Agustus 2019. Latar belakang kegiatan ini dimotivasi oleh kondisi dodol yang kurang diminati di kalangan masyarakat serta kurangnya kesadaran dan inovasi warga dalam pembuatan produk dodol. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu mengembangkan strategi pembuatan dodol dan pemasarannya di masyarakat. Hasil dari kegiatan ini didapatkan bahwa penjualan dodol di kalangan masyarakat meningkat dari sebelumnya melalui berbagai inovasi yang dibuat dalam hal cita rasa, kemasan, dan target pemasaran yang didapatkan.

References

Aminudin, A. 2016. Pengaruh Desain Produk Dan Lokasi Usaha Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Toko Tas Baleno Kabupaten Garut. Tugas Akhir Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Komputer.
Heizer, J. dan Render, B. 2006. Manajemen Operasi, Edisi 7. Salemba Empat, Jakarta.
Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah. 2018. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB) Tahun 2016 - 2017.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. 2019. Alternatif Pembiayaan UMKM di Era Digital. Ekonomi Mingguan, 13 April 2019, 2.
Lee, D. Y. and Tsang, E.W.K. 2001. The effects of entrepreneurial personality, background and network activities on venture growth. Journal of Management Studies, 38(4), 583-602.
Liboviyanda, O. 2016. Pengaruh faktor-faktor pemilihan lokasi usaha dan strategi diferensiasi terhadap keunggulan bersaing pada usaha sektor informal di kota Payakumbuh : Studi pada pedagang kaki lima keliling kota Payakumbuh, Skripsi Program Studi Manajemen Universitas Andalas.
Lovelock, C. dan Wright, L. K. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa (Alih bahasa Agus Widyantoro, Cetakan Kedua). PT. Indeks, Jakarta.
Maryani, E. 2009. Kompilasi Pendidikan Geografi dalam Konteks IPS. Bandung.
Nimalathasan, B. 2008. A study of owner – manager’s environmental awareness and small business performance. Manager Journal, 7(1), 83-88.
O'Regan, N., Sims, M.A., Ghobadian, A. 2005. The Link between Leadership, Strategy and performance in manufacturing SMEs. Journal of Small Business Strategy, 15(2), 45-57.
Robson, P.J.A. and Bennett, R.J. 2000. SME Growth: The Relationship with Business Advice and External Collaboration. Small Business Economics, 15, 193-208.
Bennett, R.J. and Colin, S. 2002. Competitive conditions, competitive advantage and the location of SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 9(1),73-86.
Shaw, E. and Conway, S. 2000. ‘Networking and the Small Firm” dalam Enterprise and Small Business, S. Carter and D. Jones-Evans eds. Prentice Hall, Harlow.
Street, C.T. and Cameron, A.F. 2007. External Relationships and the Small Business: A Review of Small Business Alliance and Network Research. Journal of Small Business Management, 45(2), 239-266.
Suryana. 2006. Kewirausahaan (Edisi Tiga). Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Zoysa, A.D. and Herath, S. 2007. The impact of owner/managers' mentality on financial performance of SMEs in Japan. Journal of Management Development, 26(7), 652-666.
Published
2020-03-01
How to Cite
Syahwildan, M. (2020). Pengembangan Kualitas Manajemen UKM Dodol Dalam Upaya Peningkatan Kuliner Tradisional Khas Kabupaten Bekasi. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(1), 46-53. https://doi.org/10.26874/jakw.v1i1.12