Pemanfaatan Video Profil dan Media Sosial Sebagai Strategi Pengenalan Edu-Ekowisata Kampung Kreasi Kelurahan Sidokumpul Gresik

  • Fachrizal Arianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Rikhi Putra Riwangga Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Rizky Dwi Ayu Lestari Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Zabda Dimas Anugrah Illahi Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Ita Kurniawati Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Tresna Maulana Fahrudin Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Abstract views: 224
PDF downloads: 206
Keywords: Video profil, media sosial, edu-ekowisata, kampung kreasi, kelurahan sidokumpul gresik

Abstract

Edu-ekowisata merupakan salah satu penunjang perekonomian dalam sektor pariwisata. Konsep edu-ekowisata mengedepankan sumber daya yang masih alami. Kampung Kreasi merupakan salah satu lokasi wisata yang berada di Kabupaten Gresik dengan konsep edu-ekowisata. Kampung Kreasi menggunakan bahan limbah atau barang bekas untuk didaur ulang dan dijadikan kerajinan tangan untuk mendapatkan city branding. Artikel ilmiah ini menguraikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dalam kerangka program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Kampung Kreasi. Metode pengabdiannya berupa pembuatan video profil tentang Kampung Kreasi. Hal ini bertujuan untuk menarik wisatawan untuk berkunjung sekaligus belajar tentang pemanfaatan sampah di Kampung Kreasi. Atraksi wisata dapat dikembangkan dengan memaksimalkan fasilitas yang ada, memelihara dan memperbaiki berbagai wisata dan fasilitas pelengkapnya, serta menambah sarana dan prasarana yang belum ada melalui kerja sama dengan pemerintah kota dan pihak swasta terkait. Berdasarkan hasil survei lapangan oleh mahasiswa KKN Tematik Kelompok 78, kegiatan yang telah dilakukan berlangsung dengan baik dengan jumlah responden yang menjawab sangat menarik sebanyak 15 orang, yang menjawab menarik berjumlah 14 orang, dan hanya 6 orang yang merasa kegiatannya kurang menarik.

Published
2022-10-29
How to Cite
Arianto, F., Riwangga, R., Lestari, R., Illahi, Z., Kurniawati, I., & Fahrudin, T. (2022). Pemanfaatan Video Profil dan Media Sosial Sebagai Strategi Pengenalan Edu-Ekowisata Kampung Kreasi Kelurahan Sidokumpul Gresik. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 3(2), 112-122. https://doi.org/10.26874/jakw.v3i2.220