Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Sekolah Dasar

  • Budi Laksono Putro Pendidikan Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat - Indonesia
  • Rizky Rachman Judhie Putra Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat - Indonesia
  • Waslaluddin Waslaluddin Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat - Indonesia
Abstract views: 340
PDF downloads: 340
Keywords: kompetensi guru, penelitian tindakan kelas, metode penelitian

Abstract

Guru sebagai agen pembelajaran dituntut memiliki sejumlah kompetensi untuk mewujudkan pembelajaran dan hasil belajar yang bermutu. Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini mendukung peningkatan profesional guru untuk peningkatan kompetensi pembelajaran bermutu. Tujuan dari kegiatan ini adalah peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan penulisan artikel ilmiah penelitian tindakan kelas (PTK) pada Sekolah Dasar di Rancabolang, Gedebage, Bandung. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, PKM ini memiliki lima sasaran kegiatan, yaitu peningkatanmotivasi guru untuk melakukan PTK, memberikan keterampilan langsung melakukan PTK pada pembelajaran kelas nyata, memberikan pemahaman kemanfaatan PTK pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah, melatih penulisan proposal PTK, dan mengenal dan menggali potensi siswa untuk meningkatkan pengajaran. Pendekatan pelatihan ini secara individual dan klasikal. Metode yang digunakan adalah ceramah, latihan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan PKM ini menunjukkan adanya peningkatan antusias dan motivasi guru yang tinggi untuk membuat proposal penelitian tindakan kelas.

Published
2023-05-01
How to Cite
Putro, B., Putra, R., & Waslaluddin, W. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 4(1), 88-95. https://doi.org/10.26874/jakw.v4i1.300