Edukasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Enam Langkah pada Siswa Sekolah Dasar Sebagai Upaya Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

  • T. Eltrikanawati Institut Kesehatan Mitra Bunda, Batam
  • Nadia Soraya Hasian Pane Institut Kesehatan Mitra Bunda, Batam
Abstract views: 148
PDF downloads: 121
Keywords: cuci tangan pakai sabun, enam langkah kebersihan tangan, sekolah dasar

Abstract

Cuci tangan pakai sabun dengan teknik enam langkah yang baik dan benar merupakan salah satu indikator perilaku hidup bersih dan sehat. Oleh sebab itu, anak sekolah dasar wajib memahami dan melaksanakan cuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir dengan memperhatikan teknik enam langkah untuk menjaga kesehatan. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan edukasi untuk siswa sekolah dasar tentang cara cuci tangan pakai sabun dengan teknik enam langkah. Metode pelaksanaannya berupa service learning yaitu pemberian edukasimencuci tangan pakai sabun dengan teknik enam langkah. Tahapan yang dilaksanakan berupa pemberian edukasi kesehatan dalam bentuk penyampaian materi kepada siswa SD Negeri 001 Batam Kota yang berjumlah 105 siswa, dan setiap siswa melakukan simulasi teknik cuci tangan pakai sabun dengan teknik enam langkah yang didampingi oleh tim pendamping pengabdian masyarakat. Kesimpulan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pemberian edukasi kesehatan efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa-siswi SD Negeri 001 Batam Kota tentang pengetahuan cuci tangan pakai sabun dengan teknik enam langkah dan mayoritas seluruh siswa dapat melakukan cuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar. Oleh karena itu, pola perilaku cuci tangan enam langkah dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Published
2023-11-01
How to Cite
Eltrikanawati, T., & Pane, N. (2023). Edukasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Enam Langkah pada Siswa Sekolah Dasar Sebagai Upaya Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 4(2), 189-197. https://doi.org/10.26874/jakw.v4i2.327