Sosialisasi E-Commerce dan Pembuatan Logo & Packaging untuk Pelaku UMKM Desa Ciluncat
PDF downloads: 110
Abstract
KKN Mahasiswa Terintegrasi (KKNMT) merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk aplikasi teori yang ditempuh selama kuliah melalui pengalaman di lapangan serta merupakan bagian dari kegiatan tridharma perguruan tinggi. Dalam kegiatan ini, mahasiswa bersama dosen pembimbing lapangan (DPL) melakukan sosialisasi tentang e-commerce dan pembuatan logo dan kemasan baru untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Masalah yang dihadapi oleh para pelaku UMKM saat ini khususnya di Desa Ciluncat adalah kecilnya jangkauan pasar mereka, pengemasan produk yang kurang menarik, dan lemahnya branding produk sehingga identitas UMKM mereka kurang dikenal pasar. Dalam era digital seperti saat ini, penggunaan e-commerce menjadi semakin penting bagi pelaku UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan. Selain itu, pembuatan logo dan kemasan baru berperan penting dalam mengembangkan UMKM untuk membantu meningkatkan citra merek dan daya tarik produk agar produk mereka lebih mudah dikenal oleh pasar. Oleh karena itu, mahasiswa dapat membantu sosialisasi penggunaan e-commerce kepada pengusaha UMKM agar mereka dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usaha mereka dan juga membuatkan logo dan kemasan baru untuk produk mereka agar menjadi lebih menarik dan memperkuat branding produk.
Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.