Seminar E-Government dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Menuju Unggul dan Peduli Digitalisasi di Desa Ciluncat Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung Jawa Barat
PDF downloads: 98
Abstract
Perkembangan teknologi berubah dengan cepat. Sementara itu, tuntutan kebutuhan masyarakat dalam hal pelayanan publik yang berkualitas cenderung meningkat. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, penerapan dan pengembangan e-government harus dilakukan di Indonesia dan pemerintah harus melakukan akselerasi digital untuk mengoptimalisasi layanan publik. Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu kunci utama untuk menghadapi era digital. Upaya dalam mengatasi permasalahan peningkatan SDM untuk meningkatkan digitalisasi bukan hanya untuk berkomunikasi melainkan mampu menjadi sumber untuk mendatangkan keuntungan dalam perekonomian. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatan kualitas aparatur Desa Ciluncat dalam pelayanan publik berbasis digital, meningkatkan kualitas Lembaga Kemasyarakatan Desa (RT, RW, Kader PKK Desa) dan generasi milenial seperti karang taruna dalam menghadapi era digital, dan meningkatkan kualitas para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar mampu memahami perkembangan pemasaran dengan menggunakan teknologi agar mampu bersaing dengan lainnya dan memperluas pangsa pasar. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah penerapan dan pemanfaatan e-government dalam pelayanan publik yang merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi Masyarakat. Penerapan e-government di Indonesia sudah berjalan baik namun perlu peningkatan pada aspek infrastruktur telekomunikasi , tata kelola, layanan, dan sumber daya manusia.
Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.