Pemanfaatan Konten Edukasi Bahasa Inggris pada Tiktok Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Pronunciation Peserta Kursus BBC Kota Serang

  • Sri Mulia Sari Pendidikan Non Formal, Fakultas Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ila Rosmilawati Pendidikan Non Formal, Fakultas Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hidayatullah Haila Pendidikan Non Formal, Fakultas Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Abstract views: 148
PDF downloads: 144
Keywords: kemampuan pronunciation, media pembelajaran, tiktok

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan konten edukasi bahasa Inggris pada Tiktok sebagai media belajar dalam meningkatkan kemampuan pronunciation serta hasil kemampuan pronunciation peserta kursus BBC melalui konten edukasi bahasa Inggris pada Tiktok. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam kegiatan ini terdiri dari 8 orang peserta kursus BBC. Adapun hasil kegiatan menunjukkan bahwa media sosial Tiktok merupakan salah satu media pembelajaran alternatif bagi peserta kursus BBC dalam meningkatkan kemampuan pronunciation dikarenakan konten yang beragam pada Tiktok, serta hasil dari pemanfaatan konten edukasi bahasa Inggris yaitu dapat dikatakan bahwa dapat meningkatkan kemampuan pronunciation peserta kursus BBC walaupun terdapat satu aspek yang belum dapat ditingkatkan melalui konten edukasi pada Tiktok yaitu pada aspek stressing atau penekanan. Namun pada aspek tersebut dapat ditngkatkan melalui lembaga kursus BBC.

Published
2024-04-09
How to Cite
Sari, S., Rosmilawati, I., & Haila, H. (2024). Pemanfaatan Konten Edukasi Bahasa Inggris pada Tiktok Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Pronunciation Peserta Kursus BBC Kota Serang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(1), 132-144. https://doi.org/10.26874/jakw.v5i1.399