Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Karakter Pancasila Pada Warga Belajar Kesetaraan Paket C di SKB Kota Bogor
PDF downloads: 70
Abstract
Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) adalah model pembelajaran terbaru pada kurikulum merdeka. Model ini berbasis projek tujuannya untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila akibat loss learning yang terjadi setelah pandemi Covid-19. Pembelajaran ini di luar dari intrakurikuler dan ekstrakurikuler tetapi masuk dalam kokurikuler berbasis projek. P5 ini juga bisa disebut dengan pendidikan karakter agar mempunyai karakter dan sikap Pancasila. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan P5 untuk meningkatkan karakter Pancasila pada warga belajar paket C. Metode yang digunakan dalam kegiatan bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan angket atau kuesioner. Hasil kegiatan ini menunjukan bahwa proses penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk meningkatkan karakter Pancasila pada warga belajar paket C meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi. Selain itu, hasil penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk meningkatkan karakter Pancasila warga belajar paket C pada karakter Pancasila mandiri, bergotong royong, kreatif dan bernalar kritis serta respon warga belajar dalam penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk meningkatkan karakter Pancasila pada warga belajar paket C di SKB Kota Bogor pada respon afektif, psikomotorik, dan kognitif.
Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.