Implementasi Pembelajaran Kimia Secara Eksperimental Menggunakan Aplikasi Virtual Lab “Chemcollective”

  • Riandy Putra Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya, Kampus UPR Tunjung Nyaho, Palangka Raya, 73111, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-9094-3712
  • Remi Ayu Pratika Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya, Kampus UPR Tunjung Nyaho, Palangka Raya, 73111, Indonesia
  • Siti Unvaresi Misonia Beladona Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya, Kampus UPR Tunjung Nyaho, Palangka Raya, 73111, Indonesia
  • Meiyanti Ratna Kumalasari Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya, Kampus UPR Tunjung Nyaho, Palangka Raya, 73111, Indonesia
Abstract views: 167
PDF downloads: 128
Keywords: Authoring Tool Chemcollective, Eksperimen, Kimia, Laboratorium Virtual

Abstract

Laboratorium virtual memiliki peran krusial sebagai sarana yang dapat mendukung dan mengantisipasi keterbatasan yang mungkin terjadi dalam laboratorium fisik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktis siswa dalam pelajaran praktikum IPA, khususnya mata pelajaran kimia dengan menerapkan program virtual komputer Authoring Tool Chemcollective. Hal ini merupakan upaya alternatif untuk mengatasi kendala dalam menggunakan laboratorium di sekolah. Peserta pelatihan melibatkan siswa kelas XI-1 IPA dari SMA Negeri 4 Palangka Raya. Metode yang diterapkan dalam pelatihan mencakup demonstrasi, praktik langsung, dan pendampingan. Dampak positif dari kegiatan ini mencakup peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa terkait metode praktikum kimia berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Siswa menunjukkan kemahiran dalam mengaplikasikan simulasi yang ditawarkan, bahkan menunjukkan minat besar untuk mencoba virtual lab sains lainnya. Berdasarkan hasil pre-test, sekitar 12% (3 dari 25 siswa) mengalami proses pembelajaran kimia melalui penggunaan virtual lab. Namun, nilai post-test menunjukkan bahwa 88% siswa menyatakan pembelajaran kimia menjadi lebih mudah dipahami ketika menggunakan aplikasi virtual lab chemcollective. Pelatihan ini dianggap sangat bermanfaat karena membantu siswa mengatasi hambatan dalam memahami konsep-konsep IPA yang memerlukan praktikum, terutama mengingat keterbatasan alat dan bahan kimia di laboratorium konvensional.

Published
2024-08-04
How to Cite
Putra, R., Pratika, R., Beladona, S., & Kumalasari, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Kimia Secara Eksperimental Menggunakan Aplikasi Virtual Lab “Chemcollective”. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(2), 340-348. https://doi.org/10.26874/jakw.v5i2.424