Peran e-commerce dalam Mendorong Perekonomian Koperasi Pesantren

  • Iim Imron Rosyadi STMIK LIKMI, Bandung, Indonesia
  • Franciskus Antonius Alijoyo STMIK LIKMI, Bandung, Indonesia
Abstract views: 93
PDF downloads: 78
Keywords: e-commerce, koperasi, kopontren, pesantren

Abstract

Koperasi merupakan usaha berbadan hukum dengan asas kekeluargaan yang banyak dibentuk di Indonesia. Sementara itu, koperasi pesantren (kopontren) merupakan badan koperasi pesantren yang dibangun dengan tujuan untuk memperkuat kestabilan perekonomian pesantren. Sudah banyak pesantren di Indonesia yang menjadikan kopontren sebagai penunjang perekonomian pesantren. Seiring berkembangnya teknologi, pemanfaatan teknologi, salah satunya e-commerce, mulai dipertimbangkan dalam operasional kopontren. Artikel ini bertujuan untuk mengurai teori terkait peran e-commerce dalam kegiatan kopontren melalui kajian literatur dari artikel yang relevan. Selanjutnya, hasil temuan dielaborasi dan dianalisis. Hasil analisis menunjukkan bahwasanya penggunaan e-commerce pada kopontren sudah banyak dilakukan. Beberapa menunjukkan penggunaan e-commerce dapat meningkatkan kualitas pelayanan, penjualan dan efektifitas segala bentuk transaksi pada kopontren. E-commerce membuat transaksi lebih mudah dengan biaya yang minimal sehingga meningkatkan tingkat penjualan. Secara garis besar, pemanfaatan e-commerce dinilai meningkatkan kualitas perekonomian pesantren. Tentunya penggunaan e-commerce pada kopontren harus mengalami penyesuaian akad jual beli yang harus sesuai dengan syariat islam. Meskipun demikian, keamanan transaksi digital masih menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan.

Published
2024-08-04
How to Cite
Rosyadi, I., & Alijoyo, F. (2024). Peran e-commerce dalam Mendorong Perekonomian Koperasi Pesantren. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(2), 356-362. https://doi.org/10.26874/jakw.v5i2.429