Kolaborasi Dan Digital marketing Untuk Keberlanjutan Usaha UMKM Kota Bandung

  • Yenny Maya Dora Sekolah Pascasarjana Universitas Widyatama, Jl. PHH. Mustofa No.59 Bandung
  • Adjeng Mariana Febrianti Sekolah Pascasarjana Universitas Widyatama, Jl. PHH. Mustofa No.59 Bandung
  • Zulganef Zulganef Sekolah Pascasarjana Universitas Widyatama, Jl. PHH. Mustofa No.59 Bandung
  • Uce Karna Suganda Sekolah Pascasarjana Universitas Widyatama, Jl. PHH. Mustofa No.59 Bandung
Abstract views: 79
PDF downloads: 61
Keywords: digital marketing, keberlanjutan usaha, kolaborasi

Abstract

Kolaborasi merupakan proses bekerjasama para pihak untuk menghasilkan ide, gagasan dan atau pemecahan masalah guna mencapai visi bersama. Menjadi suatu keniscayaan bahwa di era sekarang ini, kolaborasi/kerjasama bisnis telah menjadi perhatian banyak pihak, karena kolaborasi merupakan salah satu aspek dari pertumbuhan iklim usaha, termasuk didalamnya bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan pendapatan, kapabilitas usaha serta daya saing. Seperti diketahui, bahwa dengan segala keterbatasan yang ada pada pelaku UMKM, namun disisi lain juga memiliki keunggulan. Pelaku UMKM di Indonesia juga memiliki peluang untuk menampilkan keunggulan UMKM. Peluang tersebut adalah dengan penerapan digital marketing, serta membangun kerjasama dengan para pihak. Para pihak tersebut diantaranya adalah unsur pemerintahan/kelembagaan yang diwakili oleh Kementerian Koperasi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan, Kementerian Komunikasi dan Informasi dan lain-lain. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan edukasi mengenai kolaborasi dan cara berkolaborasi serta digital marketing untuk keberlanjutan usaha  para UMKM binaan Kadin Kota Bandung. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan tentang kolaborasi dan digital marketing. Hasil yang didapat dari kegiatan ini para UMKM binaan Kadin Kota Bandung mengerti cara menjalin kerjasama dengan beberapa pihak dimulai dari sesama pelaku UMKM, serta semakin mengerti dan mampu menggunakan digital marketing untuk keberlanjutan usahanya.

Author Biography

Adjeng Mariana Febrianti, Sekolah Pascasarjana Universitas Widyatama, Jl. PHH. Mustofa No.59 Bandung

Magister Manajemen

Published
2024-08-06
How to Cite
Dora, Y., Febrianti, A., Zulganef, Z., & Suganda, U. (2024). Kolaborasi Dan Digital marketing Untuk Keberlanjutan Usaha UMKM Kota Bandung. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(2), 400-408. https://doi.org/10.26874/jakw.v5i2.437