Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Sikap Berwirausaha Pada Peserta Pelatihan di PT Radar Teknologi Komputer Kota Tangerang
PDF downloads: 11
Abstract
Kurangnya lapangan pekerjaan menyebabkan banyaknya pengangguran di Kota Tangerang dengan persentase sekitar 6,67 %. Kegiatan yang dilakukan bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh dari metode pembelajaran project based learning dan motivasi terhadap sikap berwirausaha pada peserta pelatihan di PT. Radar Teknologi Komputer Kota Tangerang. Analisis terhadap hasil kegiatan menggunakan statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian, project based learning dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh sangat signifikan terhadap sikap berwirausaha dengan nilai fhitung (35,607) > ftabel (3,19). Hasil ini menunjukan bahwa variabel project based learning dan motivasi belajar berpengaruh positif secara simultan terhadap variabel sikap berwirausaha. Perhitungan tanggapan responden per-variabel dengan menggunakan perhitungan skor aktual dan skor ideal mendapatkan skor sebesar 79,6% yang masuk dalam kategori baik. Hal ini mengindikasikan bahwa perpaduan dari pendekatan pembelajaran berbasis proyek dan tingkat motivasi belajar yang baik dapat meningkatkan sikap berwirausaha peserta pelatihan secara signifikan.
Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.