Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Sikap Berwirausaha Pada Peserta Pelatihan di PT Radar Teknologi Komputer Kota Tangerang

  • Zakky Ansori Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten
  • M. Syadeli Hanafi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten
  • Mochamad Ganiadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten
Abstract views: 29
PDF downloads: 11
Keywords: Motivasi Belajar, Sikap Berwirausaha, pembelajaran berbasis proyek

Abstract

Kurangnya lapangan pekerjaan menyebabkan banyaknya pengangguran di Kota Tangerang dengan persentase sekitar 6,67 %. Kegiatan yang dilakukan bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh dari metode pembelajaran project based learning dan motivasi terhadap sikap berwirausaha pada peserta pelatihan di PT. Radar Teknologi Komputer Kota Tangerang. Analisis terhadap hasil kegiatan menggunakan statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian, project based learning dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh sangat signifikan terhadap sikap berwirausaha dengan nilai fhitung (35,607) > ftabel (3,19). Hasil ini menunjukan bahwa variabel project based learning dan motivasi belajar berpengaruh positif secara simultan terhadap variabel sikap berwirausaha. Perhitungan tanggapan responden per-variabel dengan menggunakan perhitungan skor aktual dan skor ideal mendapatkan skor sebesar 79,6% yang masuk dalam kategori baik. Hal ini mengindikasikan bahwa perpaduan dari pendekatan pembelajaran berbasis proyek dan tingkat motivasi belajar yang baik dapat meningkatkan sikap berwirausaha peserta pelatihan secara signifikan.

Published
2024-12-08
How to Cite
Ansori, Z., Hanafi, M. S., & Ganiadi, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Sikap Berwirausaha Pada Peserta Pelatihan di PT Radar Teknologi Komputer Kota Tangerang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(3), 618-625. https://doi.org/10.26874/jakw.v5i3.475