Implementasi Percobaan Kimia Sederhana dalam meningkatkan Literasi Sains Siswa SMPN 1 dan SMAN 1 Sumedang

  • Thoriq Thoriq Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesa No. 10 Coblong, Bandung
  • Rizky Sri Rahayu Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesa No. 10 Coblong, Bandung
  • Muhammad Yudhistira Azis Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesa No. 10 Coblong, Bandung
  • Rusnadi Rusnadi Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesa No. 10 Coblong, Bandung
  • Arie Hardian Program Studi Magister Kimia, Fakultas Sains dan Informatika Universitas Jendral Achmad Yani, Jalan Terusan Jendral Sudirman Cibeber, Cimahi
Abstract views: 279
PDF downloads: 180
Keywords: gen-z, literasi sains, percobaan kimia

Abstract

Kemampuan literasi sains merupakan salah satu aspek yang dapat memberikan pendekatan pembelajaran sains dalam menjawab fenomena alam sehari-hari serta membuat pembelajaran sains lebih mudah dipahami dan lebih menyenangkan. Budaya pembelajaran sains ini perlu terus berlanjut diterapkan terutama bagi siswa terdampak bencana untuk meningkatkan motivasi belajar SMPN 1 dan SMAN 1 Sumedang merupakan contoh sekolah terdampak bencana gempa bumi Sumedang yang dapat mengurangi trauma bencana dengan implementasi percobaan kimia sederhana. Percobaan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di bidang sains melalui pendekatan yang praktis dan menyenangkan dalam menghilangkan trauma psikis yang dialami. Metode yang digunakan adalah pengenalan konsep sains dasar melalui beberapa demonstrasi kimia yang mudah dipahami. Beberapa percobaan kimia yang didemonstrasikan yaitu Pengujian Vitamin C, Larutan Ajaib, Balon Hidrogen, Lava Lamp, Elephant Toothpaste, Pesan Rahasia, dan Jam Iodin. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil meningkatkan kemampuan literasi dan motivasisiswa dalam belajar sains dilihat dari antusiasme dan hasil feedback yang diperoleh. Pengabdian masyarakat dalam bentuk implementasi percobaan kimia sederhana ini dapat menjadi solusi dan strategi efektif secara berkelanjutan untuk meningkatkan pembelajaran, kemampuan literasi sains, dan motivasi siswa setelah menghadapi bencana.

Published
2024-08-08
How to Cite
Thoriq, T., Rahayu, R. S., Azis, M., Rusnadi, R., & Hardian, A. (2024). Implementasi Percobaan Kimia Sederhana dalam meningkatkan Literasi Sains Siswa SMPN 1 dan SMAN 1 Sumedang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(2), 451-465. https://doi.org/10.26874/jakw.v5i2.491