Edukasi Akhlak Terpuji Pada Anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Mubarok Di Desa Sumokali
PDF downloads: 9
Abstract
Banyak sekali problematika yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, menyangkut permasalahan anak yang menunjukkan hal-hal yang kurang pantas dilakukan atau pun diucapkan. Perilaku kurang pantas sering ditampakkan di depan umum dalam keseharian anak, hal ini membuat anak menjadi terbiasa dalam melakukan hal yang serupa. Adanya pergaulan yang tidak dikontrol menjadi salah satu penyebabnya, tetapi dengan adanya Taman Pendidikan Al-Qur’an anak lebih bisa mengontrol pergaulan dengan adanya pembiasaan yang baik dan penanaman sikap sopan santun. Oleh sebab itu, selain memberi pemahaman akan keimanan dan ketakwaan, membentuk kepribadian anak juga merupakan hal yang menunjang untuk mencapai akhlak yang terpuji melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Metode pelaksanaan yang digunakan adalah identifikasi masalah, menentukan kerangka pemecahan masalah, melakukan pre-test, memberikan pendidikan kesehatan beserta pelatihan, dan diakhiri dengan melakukan post-test. Data hasil pre-test dan post-test disajikan dalam bentuk persentase jumlah hasil, sedangkan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan peserta yang merupakan anak-anak TPQ Al-Mubarok mengenai akhlak terpuji dilakukan uji perbedaan rerata pre-test dan post-test dengan menggunakan statistika parametrik, yakni uji Wilcoxon. Hasil pemahaman peserta mengenai akhlak terpuji menunjukkan adanya kenaikan yang signifikan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) diberikan ceramah mengenai stunting. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa p-value <0,05, sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan peserta mengenai akhlak terpuji sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) diberikan ceramah mengenai akhlak terpuji.
Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.