Upaya Meningkatkan Minat Kunjungan ke Dokter Gigi Melalui Komunikasi Interpersonal di Puskesmas Cimahi Tengah
PDF downloads: 5
Abstract
Saat ini masalah kesehatan gigi dan mulut masih menjadi hal yang banyak terjadi di kalangan masyarakat dan seringkali diabaikan begitu saja. Hal ini dapat terjadi karena masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut serta diperparah dengan rendahnya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan giginya secara rutin ke dokter gigi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran mengenai menjaga kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat di wilayah Cimahi Tengah. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu dengan membuat program berupa upaya promotif dan preventif yaitu melakukan penyuluhan dengan pendekatan komunikasi interpersonal kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas Cimahi Tengah. Penyuluhan dengan pendekatan komunikasi interpersonal mengenai cara menjaga kesehatan gigi dan mulut serta pentingnya melakukan perawatan ke dokter gigi. Kegiatan penyuluhan dengan pendekatan komunikasi interpersonal meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut serta meningkatkan minat untuk berkunjung ke dokter gigi baik ada keluhan sakit maupun hanya kontrol semata.
Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.