Collective Painting sebagai Intervensi Keperawatan pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Citeureup

  • Kiki Gustryanti Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi
  • Desti Liyani Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi
  • Daru Maulana Arafiq Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi
  • Aulia Adinda Sa’adillah Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi
  • Salma Putri Nabilah Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi
Abstract views: 24
PDF downloads: 3
Keywords: anak berkebutuhan khusus, collective painting, emosi

Abstract

Saat ini, kesadaran masyarakat terhadap permasalahan anak berkebutuhan khusus (ABK) semakin meningkat. Dahulu semua sindrom ABK cenderung digeneralisasikan dan solusi pembelajaran yang disediakan hanya melalui SLB (Sekolah Luar Biasa). Namun kenyataannya, kondisi permasalahan dari berbagai sindrom ABK yang ditemukan makin bervariasi dan kompleks. Kondisi ini menuntut pengembangan ilmu pengetahuan dan penanganan yang lebih mendalam. Program collective painting ini merupakan salah satu dari sekian banyak terapi yang dapat dilakukan kepada ABK. Kegiatan seni tersebut diharapkan memberikan manfaat yang positif kepada ABK sehingga menumbuhkan kreativitas yang tinggi. Beberapa anak-anak berkebutuhan khusus di SLBN-A Kota Cimahi ini belum mampu mengendalikan emosi, contohnya tidak mampu mengungkapkan rasa marah, mengungkapkan emosi dengan meledak-ledak, menangis jika tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, bertengkar dengan teman sehingga kelas menjadi tidak kondusif, sebagian anak autis cenderung menyendiri dan tidak ada ketertarikan dalam hal yang baru. Tim pengabdian kepada masyarakat berupaya melakukan kegiatan ini untuk membantu anak-anak berkebutuhan khusus mengendalikan emosinya dengan baik dan juga mampu berpartisipasi secara sosial dengan teman-teman mereka dengan cara melakukan aktivitas dengan program collective painting.

Published
2024-12-13
How to Cite
Gustryanti, K., Liyani, D., Arafiq, D. M., Sa’adillah, A. A., & Nabilah, S. P. (2024). Collective Painting sebagai Intervensi Keperawatan pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Citeureup. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(3), 781-790. https://doi.org/10.26874/jakw.v5i3.528