Aplikasi Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas 10 di SMK As-Syafiiyah

  • Septiana Ika Ningtyas Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, Universitas Indraprasta PGRI
  • Rully Noor Oktaviana Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, Universitas Indraprasta PGRI
  • Siswi Wulandari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, Universitas Indraprasta PGRI
Abstract views: 41
PDF downloads: 10
Keywords: kurikulum merdeka, model pembelajaran, pembelajaran berbasis proyek

Abstract

Model pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics atau disingkat STEM, sedang dipopulerkan saat ini sebagai penunjang bagi pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Model pembelajaran STEM ini menggabungkan beberapa metode guna untuk membekali peserta didik dengan kesiapan kreativitas, inovasi yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran berbasis proyek yang saat ini diterapkan oleh semua instansi pendidikan. Penerapan pembelajaran berbasis proyek yang belum sepenuhnya merata di seluruh Indonesia menyebabkan banyak sekolah yang masih menggunakan Kurikulum 2013 dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena siswa dan guru masih belum sepenuhnya memahami konsep pembelajaran berbasis proyek tersebut. Model pembelajaran STEM digunakan untuk menjembatani masuk dan diterimanya pembelajaran berbasis proyek untuk diaplikasikan pada siswa sehingga siswa tidak secara langsung dijejali oleh berbagai proyek yang ditugaskan melainkan secara bertahap memahami makna pembelajaran berbasis proyek melalui model STEM ini pada mata pelajaran Ekonomi.

Published
2025-01-25
How to Cite
Ningtyas, S. I., Oktaviana, R. N., & Wulandari, S. (2025). Aplikasi Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas 10 di SMK As-Syafiiyah. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(3), 953-962. https://doi.org/10.26874/jakw.v5i3.531