Peningkatan Literasi Berbasis Budaya Lokal Melalui Pembelajaran Bagi Siswa SMK Negeri 5 Medan
PDF downloads: 4
Abstract
Demi mempertahankan identitas bangsa di era yang mewajibkan kita harus bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda, dunia pendidikan khususnya di sekolah menuntut siswa harus dapat menerapkan literasi budaya lokal agar budaya tersebut tidak hilang dan dapat diketahui oleh siswa. Agar kedua unsur tersebut dapat disatukan dalam pembelajaran, maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk menumbuhkan literasi budaya lokal melalui pembelajaran khususnya pelajaran Bahasa Inggris. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan. Budaya lokal dalam kegiatan ini adalah budaya lokal yang ada di Sumatera Utara seperti Batak, Melayu, Jawa, dan Minang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Medan. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa kelas XI TPM 1. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2024. Kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari siswa yang dapat dibuktikan dari hasil tes yang diberikan oleh tim pengabdi. Selain itu, tumbuhnya minat siswa untuk belajar Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan antusiasme mereka untuk membaca teks Bahasa Inggris mengenai budaya lokal di depan kelas, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris melalui literasi budaya lokal dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa.
Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.