Pemberdayaan Dosen Dan Editor Jurnal Ilmiah Di Lingkungan Unjani Dalam Pengembangan Sistem Repositori Publikasi Ilmiah Unjani
PDF downloads: 267
Abstract
Pemeringkatan perguruan tinggi telah menjadi acuan dalam menilai kualitas sebuah perguruan tinggi. Parameter pemeringkatan didasarkan atas data yang terlacak mesin pencari laman yang meliputi data repositori publikasi ilmiah dan faktor dampaknya. Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) sudah memiliki wadah untuk menyimpan publikasi ilmiah yang dimiliki secara individu maupun yang diterbitkan dalam bentuk jurnal ilmiah. Namun demikian, data publikasi ilmiah yang dimiliki oleh para dosen belum banyak tersimpan didalamnya. Kondisi lain terkait jurnal ilmiah yang dimiliki setiap fakultas dan universitas juga tidak begitu menggembirakan. Data artikel yang dimuat dalam jurnal tidak diperbaharui bahkan masih banyak jurnal yang terlihat berhenti beraktivitas. Kondisi tersebut menyebabkan kinerja penelitian institusi yang diukur dari publikasi ilmiah dosen menjadi sulit dievaluasi dan ditentukan indikator keberhasilannya. Selain itu, saat ada penilaian proses akademik dan penilaian kinerja penelitian dan publikasi masih harus ditempuh secara manual. Hal tersebut mengganggu proses integrasi data dan penilaian secara komprehensif terkait profil penelitian institusi. Untuk mengatasinya, sebuah upaya sistematis harus dilakukan dalam memanfaatkan repositori tersebut. Makalah ini menguraikan tentang kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berkaitan dengan pemberdayaan dosen dan pengelola jurnal ilmiah dalam membantu pengembangan repositori publikasi ilmiah Unjani.
References
Aguillo, I. F., Ortega, J. L., Fernandez, M. & Utrilla, A. M. 2010. Indicators for a webometric ranking of open access repositories. Scientometrics, 82(2010), 477–486.
Akhmadi, M. H. 2017. Peranan Digital Repository dalam Penelitian Bidang Keuangan Negara. Jurnal Manajemen Keuangan Publik, 1(1), 10-14.
Duić, M., Konjevod, B. & Grzunov L. 2017. Web sources of literature for teachers and researchers: practices and attitudes of Croatian faculty toward legal digital libraries and shadow libraries such as Sci-Hub, Proc. 40th International Convention on Information and Communication Technology, Electronics and Microelectronics (MIPRO), Opatija, Croatia, 22-26 May 2017, 824-829.
Halim, S., Felecia, Wulandari, D., Susanti, F. L. 2016. Group Decision Using Analytical Hierarchical Process: Surabaya’s Universities Library in Digital Natives Perspective, Proc. of IEEE Intern. Conf. on Indstr. Eng. and Eng. Mngt (IEEM), Bali, 4-7 Dec. 2016, 331-334.
Kurniawan, T. 2016. Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Mengembangkan Repositori Institusi, Pustakaloka, 8(2), 231-243.
Mohideen, Z. A. & Kaur, K. 2015. Digital Library: Demands and expectations, Proc. of 4th International Symposium on Emerging Trends and Technologies in Libraries and Information Services (ETTLIS), Noida, India, 6-8 Jan. 2015, 17-21.
Moore, R. W., Rajasekar, A. & Wan, M. 2005. Data Grids, Digital Libraries, and Persistent Archives: An Integrated Approach to Sharing, Publishing, and Archiving Data. Proceedings of The IEEE, 93(3), 578-588.
Sutedjo, M. Pengelolaan Repositori Perguruan Tinggi dan Pengembangan Repositori Karya seni. Seminar Nasional Digital Local Content: Strategi Membangun Repository Karya Seni, GKU FSR ISI Yogyakarta, 21 Mei 2014.
Vrana, R. 2017. The perspective of use of digital libraries in era of e-learning, Proc. of 40th International Convention on Information and Communication Technology, Electronics and Microelectronics (MIPRO), Opatija, Croatia, 22-26 May 2017, 926-931.
Zhang, F. 2016. A Personalized Time-Sequence-Based Book Recommendation Algorithm for Digital Libraries, IEEE Access, 4(2016), 2714-2720.
Copyright (c) 2020 Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.