Branding UMKM Rengginang dan Pengembangan Pertanian Padi Organik Dusun Randucanan, Desa Tonoboyo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang
PDF downloads: 487
Abstract
Abstrak: Pengabdian ini bertujuan (1) memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi UMKM Rengginang dan Kelompok Tani Padi Organik, terutama dalam segi pemasarannya, (2) meningkatkan omset pemasaran melalui media sosial dan kemasan yang lebih menarik dengan pembaruan label brand, (3) memberikan wawasan kepada pemilik UMKM agar memahami pentingnya pembukuan (laporan keuangan) bagi usahanya, (4) memberikan wawasan kepada pemilik usaha tentang hukum jual beli secara syariah, (5) membantu pemilik UMKM dan Kelompok Tani Padi Organik agar mampu membuat laporan keuangan sederhana dan penghitungan HPP. Peserta dari kegiatan ini adalah pemilik UMKM Rengginang dan perwakilan dari Kelompok Tani Padi Organik Dusun Randucanan, Kelurahan Tonoboyo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini menyesuaikan kondisi new normal di masa pandemik Covid 19 yaitu melalui penyuluhan dan sosialisasi kepada para pemilik UMKM Rengginang dan Kelompok Tani Padi Organik tentang semua materi kegiatan, diskusi interaktif antara pemateri dengan peserta, serta praktik dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah terlaksananya semua proker sesuai dengan tujuan awal kegiatan.
Kata kunci: branding, UMKM, Rengginang, pertanian padi organik
Copyright (c) 2020 Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.