Pengaruh Kualitas Produk Activewear terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Kualitas Pelayanan Elektronik (E-servqual) sebagai Variabel Mediasi

(Studi Kasus Generasi Z di Kota Cimahi)

  • Eka Septiarini Program Studi Manajemen, Universitas Jenderal Achmad Yani, 40531, Indonesia
Abstract views: 467
PDF downloads: 516
Keywords: activewear, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan elektronik, kualitas produk

Abstract

Abstract

The objective of this research is to assign the effect of activewear’s product quality on customer satisfaction through electronic service quality (e-servqual) customer as a mediating variable. A non-probability sampling technique using a purposive sampling has been choosen. The questionnaires are distributed to 100 generation Z who born in 1995-2015. The data were  figured using Partial Least Square in Smart PLS 3.0 software. The outcome shows that the activewear product quality 47% affect the customer satisfaction, electronic service quality (e-servqual) 41,5% affect customer satisfaction and product quality 62,3% affect e-servqual. However effect of activewear service quality on customer satisfaction through electronic service quality (e-servqual) customer as a mediating variable is 25,9%.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk activewear terhadap kepuasan pelanggan dengan kualitas pelayanan elektronik (e-servqual) sebagai variabel mediasi. Metode sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden generasi Z (kelahiran tahun 1995-2010). Analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square dalam software Smart-PLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kualitas produk mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 47%, kualitas pelayanan elektronik (e-servqual) mempengaruhi kepuasan pelanggan 41,5%, kualitas produk mempengaruhi kualitas pelayanan elektronik (e-servqual) 62,3% dan e-servqual memediasi variabel kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan sebesar 25,9%.

References

Aswad, Syaiful., Realize,. Wangdra, Ronald. 2018. Jurnal Ilmiah Manajemen UPB Vol.6 No.2. DOI: https://doi.org/10.33884/jimupb.v6i2.681

Bencsik, A., & Machova, R. 2016. Y and Z Generation at Workplaces. Journal of Competitiveness Vol. 8, Issue 3, pp. 90 – 106.ISSN 1804-1728 (On-line), DOI: 10.7441/joc.2016.03.06

Chinimona, Richard., Masinge, Godrey., Sandada, Maxwell. 2014. The Influence of E-Service Quality on Customer Perceived Value, Customer Satisfaction and Loyalty in South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences. ISSN 2039-2117

Chinomona, Richard., Masinge, Godrey., Sandada, Maxwell. 2014. Mediterranean Journal of Social Sciences. DOI: 10.5901/mjss.2014.v5n9p331.

Darwin Dhasan, & Aryupong, M. 2019. Effects of Product Quality, Service Quality and Price Fairness on Customer Engagement and Customer Loyalty. ABAC Journal, 39 No.2. 82-102

Francis, Tracy., Hoefel, Fernanda. 2018. True Gen: Generation Z and Its Implications for Companies. McKinsey& Company

Hair, J. F., Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Mena, J. A. 2016. An assessment of the use of partial least squares structural equation modeling in marketing research. Journal of the Academy of Marketing Science, 40(3), 414–433. https://doi.org/10.1007/s11747-011-0261-6

Hidayati, Z. N., & Setyorini, R. 2013. Pengaruh E-Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan Sebagai Pengguna Kantor Pos.Apk. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ibrahim, Malik., Thawil, Siti Mariam. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal RIset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol 4. No.1. P-ISSN 2527–7502 E-ISSN 2581-2165

Larissa, Tiara., Arumsari, Arini. 2019. Perancangan Busana Activewear berdasarkan Sub-Trend “Lure” dalam ISPO Textile Trendforecasts/s. Telkom University.

Linnes, C., & Metcalf, B. 2017. iGeneration And Their Acceptance of Technology. International Journal of Management & Information Systems (IJMIS), 21(2), 11–26. https://doi.org/10.19030/ijmis.v21i2.10073

Martono. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pengguna Kolam Renang Universitas Negeri Yogyakarta Kampus Wates. Medikora, Vol. XVIII No. 1 April 2019, Hal 27-32. ISSN: 0216-9940

Maryati, F., & Husda, N. E. 2020. Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Holiday Hotel Di Kota Batam. Jurnal Magisma Vol. VIII No. 1. DOI: https://doi.org/10.35829/magisma.v1i1.65

Pandesia, Alvaris Edward., Saerang, Ivonne S., Sumarauw, Jacky S.B. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan TErhdap Kepuasan Konsumen pada Perumahan Griya Paniki Indah Manado. Jurnal EMBA Vol.5 No.2 Juni 2017, Hal. 1315 –1326. ISSN 2303-1174.

Parasuraman, A., Zeithaml, Alerie A., Malhotra, Arvind. 2005. E-S-QUAL: A Multiple-Item Scale for Assessing Electronic Service Quality. Journal of Service Research Article Information Volume 7 Issue:3, Page 213-233. https://doi.org/10.1177/1094670504271156

Priansa, Donni Juni. 2017.Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Putra, Ricko Ahmadi., Hartoyo, Hartoyo., Simanjuntak, Megawati. 2017.. The Impact product Quality, Service Quality, and Customer Loyalty Program Perception on Retail Customer Attitude. Independent Journal of Management of Production (IJ&MP). ISSN: 2236-269X. DOI: 10.14807/ijmp.v8i3.632

Sabda Puta Mediti, O. C. M. 2020. Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1290–1300. DOI: https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1290-1300

Sativa, A., & Astuti, S. R. 2016. Analisis Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna ECommerce C2C Tokopedia). Jurnal Manajemen, 5(3), 1-10. www.jatit.org.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulaeman, A. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Cakrawala Citramega. Jurnal KREATIF, 6(1), 125–145. DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jk.v6i1.y2018.p125-145

Tiago, Paulo Rita., Almira Oliveira., Farisa, Almira. 2019. The Impact of E-Service Quality and Customer Satisfaction on Customer BEhavior in Online Shopping. Heliyon Volume 5, Issue 10. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02690.

Tobagus, Anita. 2018. Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction pada PEngguna di Situs Tokopedia. Agira Vol 6. No.1, 1-10.

Tresiya, D., Djunaidi, D., & Subagyo, H. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kenyamanaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Perusahaan Jasa Ojek Online Go-Jek Di Kota Kediri). JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 208. Https://Doi.Org/10.30737/Jimek.V1i2.310

Umami, Risatul., Rizal, As’at., Sumartik. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffee Café. Equilibrum Jurnal Ekonomi- Manajemen- Akuntansi. http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v15i2.630

Website:

katadata.co.id (2021, Juni). Survei KIC:Generasi Z Makin Banyak Adopsi Layanan Digital Kala Pandemi. Diakses pada 28 Oktober 2021, dari https://katadata.co.id/pingitaria/digital/60b77e0be885b/survei-kicgenerasi-z-makin-banyak-adopsi-layanan-digital-kala-pandemi

mckinsey.com (2021, Juni). Sweating or The Fitness Consumer. Diakses pada 3 November 2021, dari https://www.mckinsey.com/industries/consumer-packaged-goods/our-insights/sweating-for-the-fitness-consumer

Published
2022-05-31
How to Cite
Septiarini, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Activewear terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Kualitas Pelayanan Elektronik (E-servqual) sebagai Variabel Mediasi. Portofolio: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 19(1), 59 - 76. https://doi.org/10.26874/portofolio.v19i1.242