The Effect of Product Quality on Repurchase Intention Mediated by Customer Satisfaction of Zoya Muslim Fashion in Bandung City
Pengaruh Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang yang Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen pada Busana Muslim Zoya di Kota Bandung
PDF downloads: 585
Abstract
Abstract
The background of this research is the decline in Zoya Muslim Fashion users as shown from the Top Brand Index data that Zoya Brand in the Muslim Fashion catergory in 2022 have decreased by 0,8%. This indicates a decrease in repurchase intention Zoya Muslim Fashion users. The purpose of this study was to analyze the effect of product quality on repurchase intention which is mediated by customer satisfaction of Zoya Muslim Fashion in the city of Bandung. The number of samples used was 90 respondents using purposive sampling method. The data collection technique used is cross-sectional or one shot study. The data analysis tools used are validity and reliability tests, classic assumption tests, simple and multiple regression tests and sobel tests using SPSS 25 version. Of the four hypotheses proposed, all are supported by empirical data. The results of this study indicate that 1) product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction 2) product quality has a positive and significant effect on repurchase intention 3) customer satisfaction has a positive and significant effect on repurchase intention and 4) customer satisfaction can mediate the effect of quality product on repurchase intention.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh turunnya pengguna Busana Muslim Zoya yang ditunjukkan dari data Top Brand Index bahwa merek Zoya pada kategori busana muslim pada tahun 2022 mengalami penurunan sebesar 0,8%. Hal ini mengindikasikan adanya penurunan minat beli ulang pengguna Busana Muslim Zoya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh kepuasan konsumen pada Busana Muslim Zoya di Kota Bandung. Jumlah sampel yang digunakan adalah 90 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu cross-sectional atau one shot study. Alat analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi sederhana dan berganda dan uji sobel dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 25. Dari empat hipotesis yang diusulkan, seluruhnya didukung oleh data empiris. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen 2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang 3) kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang dan 4) kepuasan konsumen dapat memediasi pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang.
References
Alam, I. K., & Sarpan. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Ulang Ulang Mazaya Dekoratif dan Skincare pada Toko Tangga Mas Tambun. Ikraith-Ekonomika, 6(2), 284–291. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i2.2377
Aningtyas, E. S., & Supriyono. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Zoya di Outlet Kediri. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1592. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2588
Antari, N. M. H., & Pratiwi, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Pembelian Ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 43. https://doi.org/10.33603/jibm.v2i1.1056
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Rajawali.
Aunillah, I. H., Ediyanto, & Soeliha, S. (2022). Pengaruh Kulalitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen yang berdampak pada Minat Beli Ulang sebagai Variabel Intervening pada UD Lancar Jaya di Kabupaten Situbondo. 1(5), 1–23.
Bahar, A., & Sjahruddin, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang. Jurnal Daya Saing, 8(1), 56–61. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v8i1.818
Chairudin, A., & Sari, S. R. (2021). Model Hubungan Citra Merek dan Minat Beli Ulang : Peran Kepuasan Pelanggan dan Kesetiaan Pelanggan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 17(2), 112. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v17i2.1259
Dewi, I. G. A. P. R. P., & Ekawati, N. W. (2019). Peran Kepuasan Konsumen memediasi Pengaruh Brand Image terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 2722. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i05.p05
Fakaubun, U. F. K. (2019). Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang Sepatu Adidas di Malang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Toko Sport Station Dinoyo, Malang). 4(September), 221–234.
Fatmalawati, D. S., & Andriana, A. N. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Pembelian Ulang Kosmetik PT. Paragon Technology and Innovation. Manajemen Bisnis, 1(2), 47–56. non-dwnldmngr-download-dont-retry2download
Fuadi, M. I., Survival, & Budiantono, B. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk terhadap Minat Pembelian Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi. The 2nd Widyagama National Conference on Economics and Business, Wnceb, 140–151. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/WNCEB
Harahap, M. P. N., & Arafah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Jilbab Zoya di Kota Medan (Studi Kasus Mahasiswi Konsumen Jilbab Zoya di Kampus Potensi Utama). Jurnal Mahasiswa Fakultas …, 1(1), 206–216. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/view/758%0Ahttp://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/download/758/1127
Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. P. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk dan Daya Tarik Promosi terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1), 24–31.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). PT. Erlangga.
Lengkong, A. P., Pio, R. J., & Mangindaan, J. V. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Konsumen Pakaian H.A.R.V Official di Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB, 11(2), 61–68.
Mandili, I., Zarkarsih, A., Munthe, R. S., & Wahyuni, E. (2022). Effect of Product Quality, Customer Satisfaction, Trust and Brand Image on Repurchase Intention. Case Study : Halal Cosmetic Products. Budapest International Research and Critics Institute-Journal, 5(2), 10802–10809.
Miati, I. (2020). Kualitas Produk pada Industri Batik Gendhies Kota Banjar. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(1), 53. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i1.572
Prasetya, W., & Yulius, C. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang: Studi pada Produk Eatlah. Jurnal Teknologi, 11(2), 92–100. https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1399
Prayoni, I. A., & Respati, N. N. R. (2019). Peran Kepuasan Konsumen memediasi Hubungan Kualitas Produk dan Persepsi Harga dengan Keputusan Pembelian Ulang. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66.
Riyanti, S. (2018). Kesan Kualitas dan Loyalitas Merek terhadap Keputusan Konsumen membeli Produk Zoya. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 3(2), 501–516. https://doi.org/10.30997/jsei.v3i2.817
Rizaty, M. A. (2022a). Industri Tekstil Kembali Melesat 13,74% pada Kuartal II/2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/industri-tekstil-kembali-melesat-1374-pada-kuartal-ii2022
Rizaty, M. A. (2022b). Jumlah Penduduk Muslim Indonesia Terbesar di Dunia pada 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/ragam/detail/populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia-pada-2022
Saputri, I. A., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya terhadap Niat Beli Ulang. 4(3), 18–26. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.357
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis (Buku 1 Edi). Salemba Empat.
Setiawan, S. A. (2021). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Niat Beli Ulang Produk Busana Muslim Elzatta. 1–23.
Simanjutak, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang pada Merek Zara Cabang Senayan City Jakarta Pusat. 27(1), 72–74.
Sisrahmayanti, T., & Muslikh, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian: Peran Mediasi Kepuasan Konsumen. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 54–65. https://doi.org/10.12928/fokus.v12i1.5802
Suryani, S., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 50–62. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i2.253
Ulfah, D. S. (2022). Potensi Indonesia Menjadi Pusat Industri Halal Fesyen Global. Kumparan.Com. https://kumparan.com/diyahsaffanahulfah/potensi-indonesia-menjadi-pusat-industri-halal-fesyen-global-1xi9YUeMauB/full
Wardani, I. Y., Ruspitasari, W. D., & Handoko, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Ulang melalui Kepuasan Pelanggan pada 200 Cafe and Food di Kota Malang. 3(2).
Wicaksana, M. R. A., & Santosa, S. B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan JNE di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 3, 1–14. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/12931
Copyright (c) 2023 Azka Ananda Aulia, Siti Herawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in Portfolio: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).