Peningkatan Kemampuan Laku Pandai di Kawasan Wisata Situ Cisanti Km 0 Citarum, Desa Taruma Jaya, Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung
Main Article Content
Abstract
Kampanye mengelola dana dan investasi apabila tidak melibatkan masyarakat justru akan menjadi moral hazard bagi institusi pendidikan sebagai menara air pengetahuan dan budaya. Menggunakan metode Intervensi Sosial Laku Pandai di Desa Taruma Jaya, Kabupaten Bandung, akan mensosialisasikan pola pengembangan skill dan mendeteksi sumber pendapatan para lakupandai yang bermitra dengan perbankan . pemerintah dan industri. Tulisan ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi lakupandai dikaitkan denga potensi wisata yang ada di Desa Taruma Jaya. Jumlah 109 responden mengisi kuesioner terkait dengan peranan akademisi, industri dan pemerintah dalam meningkatkan kemampuan laku pandai. Proses interaksi laku pandai dengan sector Industri didapat pengaruh positif pada peningkatan inovasi dengan tingkat signifikansi 0,05 dan keterkaitan pemerintah pengaruh positif pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan Kampus meskipun memiliki tingkat signifikansi yang sama akan tetapi masih dirasa kurang dalam intensitas interaksi dengan laku pandai .Hasilnya mengungkapkan potensi manfaat bagi laku pandai ketika berkolaborasi bisa meningkatkan kinerja inovasi dan produk mereka.
Kata Kunci : Intervensi Sosial; Triple helix; pemberdayaan masyarakat; laku pandai.