Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Smartphone Oppo

  • Ida Jalilah Fitria Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ekonomi Manajemen Bisnis Islam, 40262, Indonesia
  • Taufik Qurohman Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ekonomi Manajemen Bisnis Islam, 40262, Indonesia
Abstract views: 1248
PDF downloads: 1936
Keywords: advertising, buying interest

Abstract

Abstract

This study aims to determine (1) What is the consumer's perception of OPPO smartphone advertising (2) What is the buying interest of OPPO smartphone consumers (3) How does advertising affect the purchase interest of OPPO smartphone consumers. This research method is inferential statistics that are descriptive and verification. The definition of advertising is taken according to Kotler and Keller (2018; 631) where advertising is any payment from a non-personal company and promotion of ideas, goods, or services by identified sponsors, while Buying Interest According to Sciffman and Kanuk (in Adi, 2015: 36) is an attitude consumer who are happy with these objects by paying money or by sacrifice. The research data were obtained by distributing questionnaires about advertisements and asking 50 respondents to buy consumers. The analysis technique used in this research is simple linear regression analysis using the IBM SPSS statistics application. The results of this study indicate that advertising and consumer buying interest show high and the influence of advertising on consumer buying interest in OPPO Smartphone products is significant.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana persepsi konsumen tentang iklan smartphone OPPO (2) Bagaimana minat beli konsumen smartphone OPPO (3) Bagaimana pengaruh iklan terhadap minat beli konsumen smartphone OPPO. Metode penelitian ini adalah statistik inferensial yang bersifat deskriptif dan verifikatif. Definisi Iklan diambil Menurut Kotler dan Keller (2018 ;631) dimana iklan adalah setiap pembayaran dari perusahaan nonpribadi dan promosi ide, barang, atau layanan oleh sponsor yang diidentifikasi sedangkan Minat Beli Menurut Sciffman dan Kanuk (dalam Adi, 2015:36) adalah suatu sikap konsumen yang senang terhadap objek tersebut dengan cara membayar uang atau dengan pengorbanan. Data penelitian ini diperoleh dengan membagikan kuesioner tentang iklan dan minta beli konsumen kepada 50 orang responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistics. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa iklan dan minat beli konsumen menunjukan tinggi dan pengaruh iklan terhadap minat beli konsumen pada produk Smartphone OPPO adalah signifikan.

References

Adi. Bangun Wibowo. 2015. Pengaruh Suasana Toko. Promosi, dan Lokasi Terhadap Minat Beli di Planet Distro Kota Banjarmasin. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Basrah dan Samsul. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol. 3, No. 1

Buchari Alma. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

F. Finna Anastasiya, Sugiono Sugiharto. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchace Intention dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.9,No1.

Fandy Tjiptono. 2017. Pemasaran Strategik. Edisi ke-3. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI)

Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler dan Amstrong. 10th Edition. Marketing an Introuction. Indonesia: Pearson

Kotler dan Keller. 2016. Marketing Management, 15th edition, pearson Education, Inc.

Murtadana. Ricky. 2014. Pengaruh Komparatif Sikap terhadap Iklan Soft dan Hard Copy pada Minat Beli Konsumen. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Nurhayati dan Wahyu. 2012. Analisis faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat Terhadap Produk Handphone. Value Added: Vol 8, No. 2. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Nurmala. 2016. Pengaruh Iklan Televisi terhadap Minat Beli Sabun Mandi Pada Mahasiswa Universitas Malikussaleh. jurnal Aplikasi Manajemen Vol 9 no1 Universitas Brawijaya

Putra, Kusuma Luckyta Basuki . 2020. Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Smartphone VIVO (Studi kasus pada mahasiswa program studi manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta).. jurnal Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta

Randy, Saputra. 2018. Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Merek Honda.Jurnal fisip Vol. 5 No. 1 – April 2018

Ratih Hurriyati 2014. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta

Ratna, Sari. 2017. Pengaruh Tayang Iklan Royco di Televisi Terhadap Minat Beli Ibu-ibu Rumah Tangga RT 02 Kelurahan Teluk Lerong Ulu Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda.. eJournal Ilmu Komunikasi, 2014, 2 (4) : 245 – 258

Sugiyono, (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Team Dosen Praktika. 2016. Modul Praktikum Statistik. Bandung: STIE-STEMBI: Bandung

Yunianto, Herdian Rizky. 2018. Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Pengguna Youtube dengan Brand Recognition sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 8 (1), 2018

Published
2022-01-29
How to Cite
Fitria, I., & Qurohman, T. (2022). Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Smartphone Oppo. Portofolio: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 18(1), 26 - 37. https://doi.org/10.26874/portofolio.v18i1.207